السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ... SALAM SEJAHTERA BAGI ANTUM SEMUA, TERIMA KASIH ANTUM TELAH MENGUNJUGI ARTIKEL KAMI. SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANTUM SEMUA...

SEKILAS BIOGRAFI ALHABIB MUHAMMAD BIN ACHMAD ALATAS ( SIMPANG ULIM ACEH TIMUR )

 

Habib Muhammad Bin Achmad Al Atas lahir pada hari minggu malam Senin 18 Rabiul akhir 1361 Hijriyah /  tgl 03 Mai 1942 di Dusun Jeruk desa pucok alue dua Simpang Ulim Aceh Timur.

Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas di lahirkan dari orang tua yang Alim dan Tawadhu, yaitu dari pasangan Alhabib Achmad bin Husin Alatas Dan syarifah Asyura binti Hasan Alkaff.serta mempunyai 3 orang saudara yang mana semua saudara beliau wafat sebelum habib Muhammad mencapai usia dewasa.





Di kehidupannya Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas, sangatlah memperihatinkan. Beliau di tinggal Ayahanda tercinta Al Alhabib Achmad bin Husin Alatas, sejak usia 6 tahun,sudah menjadi anak yatim,di besarkan serta di Didik, oleh kakek beliau Alhabib Husin Alatas di Idi Aceh Timur sampai remaja.

Masa Remajanya di jalaninya dengan menjalani pendidikan dari Ibtidaiyah sampai Shanawiyah di Aceh Timur, 
Selepas masa pendidikan Beliau Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas bekerja di Satu Toko Di Langsa yang bernama Toko Cairo, yang mana beliau di Amanatkan untuk menjadi pimpinan di toko tersebut.
Kejujuran dan Amanat serta Istiqomah beliau dalam menjalankan perintah perlu kita tiru. Tidak satupun Amanat yang beliau khianiati apabila beliau di berikan Mandat & Amanat.

Contoh : Dalam menjalankan TOKO CAIRO di langsa, beliau di Amanatkan dan di beri petunjuk dari yang punya toko, Mengenai ,Harga jual dan modal barang yang di jualnya, sampai-sampai beliaupun jujur dengan Pembelinya, sehingga para pembeli, di toko itu tersenyum dan bangga atas kejujuran beliau Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas.

Dan pada suatu hari, Pemilik toko tersebut lupa memberi, Amanat/perintah ,kepada Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas untuk memberi uang makan pada karyawannya , Sehingga pada siang hari waktunya istirahat makan,  beliaupun , tidak memberi uang makan kepada para karyawan-karyawannya tersebut hingga sore hari nya.Sampai AlHabib Muhammad Bin Achmad Alatas di tegur sang pemilik toko, kenapa tidak memberi uang makan kepada karyawannya, Beliau menjawab karna tidak mendapat Amanat untuk itu ,Sehingga sang pemilik toko tersebut memeluk Alhabib Muhammad Bin Achmad Alatas terharu dengan KEJUJURAN DALAM MENJALAKAN  AMANAT. hidup beliau selalu dalam Kejujuran,Amanat dan Istiqomah.

Setelah Dewasa Beliau ,Memohon Restu kepada Ibunda nya tercinta untuk mencari pengalaman di Jakarta, Selama di Jakarta beliau hidup dari satu tempat ke tempat lain, Maklum beliau tidak mempunyai Sanak saudara di Jakarta,sampai akhirnya beliau bertemu di salah satu tempat MAJLIS TA'LIM (Tempat Pengajian) di Masjid ANNUR, PETAMBURAN JAKARTA. dengan AlHabib Achmad Bin Ali Alatas.

Maka menikahlah Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas dengan salah satu Putri AlHabib Achmad Bin Ali Alatas yaitu Syarifah Maryam Binti Achmad Alatas,dengan dikaruniakan Satu orang Anak perempuan, yang bernama Syariffah FATIMAH,serta Mantu beliau Alhabib Muksin bin Zet Alatas ( Imam Besar FPI ) serta 4 orang cucu.


Semasa hidup nya ,AlHabib Muhammad bin Achmad Alatas selalu berpedoman MENGAJAR DAN BELAJAR (Tidaklah Beliau memikirkan masalah Duniawi), Alhabib Muhammad Bin Achmad Al Atas, Belajar ilmu Agama di Hadromut Yaman Selatan ,DI Singapur dengan Syech Umar khotib, di Malaysia, Di Jakarta dengan HB.Ali bin Husin Alatas,Hb Ali Alhabsyi Kwitang,Hb.Anis Solo, dan para Habaib Seantero jawa,dan para Alim Ulama lainnya. 

Serta Pernah menetap di Mekah Almukaromah selama 13 Tahun lamanya, Beliau tidak pernah lepas Sholat 5 Waktu di Masjidil Haram dan Menunaikan ibadah haji lebih dari 15 kali. Hasil dari pada kerjanya beliau di mekkah, di gunakan untuk pembelian tanah yang beliau wakafkan bertahap hingga lebih kurang 1,3 hektar di wakafkan untuk sekolah dan rencana pembangunan mesjid ba'alawi.  Ke inginan beliau membangun mesjid ba'alawi , karna tabarruq nya beliau kepada syech Ali khali' qasam (pendiri masjid ba'alawi pertama) Di tarim .sekolah yg sudah lebih kurang berjalan dalam waktu 8 tahun itu tidak pernah di pungut biaya, dan semua perlengkapan yang di butuhkan untuk siswa di tangung beliau .

AlHabib Muhamad Bin Achmad Alatas mengajar, tidak pernah memungut biaya, hanya berharap kepada Allah swt yang memberikan beliau Rizki dan Beliau AlHabib Achmad Bin Ali Alatas tidak pernah lepas, Membaca Ratib,yaitu Ratibul Alatas dan Alhadad serta Zikir. Dan tidak pernah terlepas dari Mulut Beliau Setiap harinya dan dimanapun beliau berada.

Habib Muhamad Bin Achmad Alatas, Pemaaf,tidak pendendam walaupun di caki dan di hina, selalu mendoakan semua orang, baik yang dekat beliau atau tidak dekat beliau, Hatinya putih, bersih, tidak mempunyai rasa Hasut, Ujub, Takabur, Raut muka beliau bercahaya, tidak pernah mengeluh,Menerima Semua Atas Kehendak Allah Swt,Tunduk dan patuh pada orang tua, Dermawan, tidak pernah pegang uang lebih dari satu hari, beliau sedekahkan dan berikan kepada Fukoro wa Masakin. serta orang –orang yang membutuhkan. Masih banyak lagi KAROMAH –KAROMAH beliau Alhabib Muhamad Bin Achmad Al Atas yang tidaklah cukup di tulis di Sekilas Biografi ini.


Kini dalam usia yang senjanya, keinginan tak lain, beliau Alhabib Muhamad Bin Achmad Al Atas sedang MENDIRIKAN COMPLEX BAALAWI, Yang terdiri dari Masjid Baalawi yaitu Masjid ke 3 di dunia (Masjid Baalawi pertama di Hadromut Tarim,yang kedua di singapura ndan yang ke 3 di Aceh Timur).

Marilah kita Membantu hajat dan cita-cita beliau, semoga Allah SWT dan Rasulnya, mewujudkan apa yang di cita-citakan Alhabib Muhamad Bin Achmad Al Atas.,….AMIN 3X YAAROBAL ALAMIN.


Jakarta ,07 Oktober 2020
PENULIS BIOGRAFI

HABIB MAKSIN BIN ACHMAD ALATAS

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "SEKILAS BIOGRAFI ALHABIB MUHAMMAD BIN ACHMAD ALATAS ( SIMPANG ULIM ACEH TIMUR )"

Tinggalkan Pesan ^_^
Nama

E-mail *

Pesan *